News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mata Najwa Spesial Muktamar Ke-48 : Memaknai Persatuan, Kebhinekaan, dan Kebangsaan dalam Membangun Peradaban Umat.

Mata Najwa Spesial Muktamar Ke-48 : Memaknai Persatuan, Kebhinekaan, dan Kebangsaan dalam Membangun Peradaban Umat.

 Mata Najwa Spesial Muktamar Ke-48 : Memaknai Persatuan, Kebhinekaan, dan Kebangsaan dalam Membangun Peradaban Umat.



ditulis oleh Eko Prasetyo (AlexaInfoterkini.com) 

SOLO - Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah semakin dekat. Setelah digelar puncak acara Gowes Muktamar, kini panitia melaksanakan Muktamar Talk: Mata Najwa Spesial Muktamar yang digelar di Edutorium KH Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada hari Kamis, 10 November 2022.

Mata Najwa Spesial Muktamar ini berkolaborasi dengan Muktamar Talk dan dihadiri 11.000-an penonton yang berasal berbagai daerah, seperti: Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Klaten, Wonogiri, Grobogan, Pati dan Ngawi.



Tajuk dari acara tersebut adalah “Merawat Indonesia” yang mana Mata Najwa dan Muhammadiyah hadir spesial di Solo dalam rangkaian Muktamar Muhammadiyah & Aisyiyah ke-48 memaknai persatuan, kebhinekaan, dan kebangsaan dalam membangun peradaban umat. Saat kondisi negeri sedang menyambut tahun politik dan tantangan ke depan yang semakin beragam, perlu kemudian dibahas apa yang bisa dilakukan untuk tetap bisa merawat Indonesia.

Acara dipandu secara langsung Najwa Shihab, acara ini menghadirkan beberapa narasumber hebat, di antaranya: Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Zulfa Mustofa, Wakil Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah Rahmawati Husein, dan Founder Drone Emprit Ismail Fahmi.

Selain diisi oleh para narasumber, ada juga penampilan yang akan dibawakan oleh Yusril Fahriza (Kader Muda Muhammadiyah, Komika & Aktor) dan Putra Maestro Ebiet G. Ade, serta Aderaprabu Lantip Trengginas (Musisi). 

Bagi para peserta sendiri terbagi menjadi dua kategori, yakni : VVIP dan VIP. Tamu VVIP duduk di tribun warna ungu lantai 2 yang dapat diakses melalui pintu 2D dan 2 F. Untuk tamu VVIP berada di depan panggung (lobby). Peserta yang hadir perlu menunjukkan undangannya kepada protokoler.

Sedangkan drop off tamu VIP berada di lantai dasar gedung (ground floor). Peserta selanjutnya menuju ke depan pintu utama main hall di lantai 1 dengan menaiki lift A dan B. Peserta lalu menunjukkan kartu undangan VIP kemudian menuju lantai 2 melalui elevator, kemudian masuk ke pintu 2 F dan 2 C lalu duduk di tribun warna hijau dan kuning. 



Untuk peserta dengan tiket, dapat masuk dari arah luar gedung dengan akses masuk ke main hall Gedung Edutorium secara terpisah antara laki-laki dan perempuan. Pintu (gate) untuk peserta laki-laki berada di sisi barat pintu utama (dengan pintu keluar ada di sisi barat pintu masuk yang tadi dilalui). Sedangkan untuk peserta perempuan dapat masuk melalui pintu sebelah timur pintu utama (dengan pintu keluar ada di sisi timur dari pintu masuk yang tadi dilewati).

Zulfa Mustofa menyampaikan banyak orang menganggap bahwa jamaah Nahdlatul Ulama dan pengikut Muhammadiyah itu selalu tidak rukun dan tidak kompak, padahal realitanya di masyarakat NU dan Muhammadiyah dalam menjaga solidaritas keislaman sangat kompak dan saling merawat ke-Bhinekaan.

“NU dan Muhammadiyah merupakan dua organisasi kemasyarakatan, sosial, budaya dan keagamaan yang konsen dalam dakwah sehingga memiliki kesamaan dalam membangun indonesia,” ujarnya

Abdul Mu’ti juga menyampaikan Muhammadiyah dan NU mampu menjaga kerukunan, yaitu kesadaran dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Muhammadiyah dan NU rukun karena memiliki kesamaan kepentingan, “Kita punya kepentingan yang sama untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia."

“Yang membuat Muhammadiyah dan NU semakin rukun. Pertama, kita memiliki kesadaran atas nilai yang sama. Kedua, bersedia mengadopsi nilai yang diperlukan agar kita dapat hidup berdampingan dengan damai, Nilai toleransi dan kebangsaan adalah bentuk adopsi yang kita lakukan,” terangnya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.