News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Keren! Mahasiswa FK UNS Borong Dua Gelar Juara dalam Scientific Project and Olympiad of Sriwijaya 2022

Keren! Mahasiswa FK UNS Borong Dua Gelar Juara dalam Scientific Project and Olympiad of Sriwijaya 2022

 

Keren! Mahasiswa FK UNS Borong Dua Gelar Juara dalam Scientific Project and Olympiad of Sriwijaya 2022


ditulis kembali oleh eko prasetyo (alexainfoterkini.com) , foto : istimewa

Palembang — Dua tim dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih Juara 1 dan 2 Lomba Poster pada Scientific Project and Olympiad of Sriwijaya (SPORA) 2022. Tim yang meraih juara 1 adalah Tyasno Koeshermanto, Tamara Maulidya, dan Vina Sari Nugrahaning Widi. Sementara, tim yang meraih juara 2 adalah Yulistya Hani, Anindita Rahmawati, dan Quarta Atsir Azaria Dewi.

Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Universitas Sriwijaya pada awal November kemarin secara luring di Palembang. Tyasno dan timnya berhasil mengungguli 8 finalis lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pada tahap awal, mereka mengirimkan karya untuk diseleksi. Kemudian, delapan tim terbaik akan mempresentasikan karyanya secara luring di depan para juri.

Tyasno dan timnya mengusung poster berisi topik penyakit pneumonia. Mereka mengusung ide tersebut karena berdasarkan laporan World Health Organization (WHO), penyebab kematian tertinggi akibat penyakit infeksi di dunia adalah infeksi saluran napas akut, salah satunya pneumonia.


“Usaha preventif terhadap penyakit ini perlu dilakukan agar berkurangnya morbiditas dan mortalitas pada pneumonia sehingga dalam poster, kami menyampaikan penjelasan lengkap terkait pengertian, cara penularan, faktor risiko, gejala, dan cara pencegahannya,” jelasnya, Kamis (8/12/2022).

Saat diumumkan meraih podium pertama, Tyasno mengaku sangat senang. Terlebih, perjuangan dalam menyiapkan kompetisi tersebut serta perjalanan jauh yang harus ditempuh terbayar lunas. 

“Selain itu, kami juga bangga bisa membawa nama baik Universitas Sebelas Maret. Harapannya, masyarakat dapat lebih peduli terhadap pneumonia dan juga melakukan pola hidup bersih dan sehat sebagai kebiasaan sehari-hari,” tutupnya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.