News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FK UNS Lantik 129 Maba Program Pendidikan Dokter Spesialis

FK UNS Lantik 129 Maba Program Pendidikan Dokter Spesialis

 

FK UNS Lantik 129 Maba Program Pendidikan Dokter Spesialis


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa.

SOLO -  Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melantik 129 Mahasiswa Baru (Maba) Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Periode II Tahun Akademik 2022/2023.

Acara pelantikan digelar secara luring di Auditorium FK UNS, Senin (16/1/2023). Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K)., para Wakil Dekan di FK UNS, Kepala UPT Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si., Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Drs. Rohman Agus Pratomo serta para Kepala Program Studi (Kaprodi) PPDS di FK UNS.

Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Hadiwiyono, mengatakan bahwa Maba PPDS yang dilantik ini merupakan hasil dari serangkaian proses seleksi yang pendaftarannya dimulai pada bulan September 2022 dan telah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Adapun jumlah Maba PPDS yang lolos tahap dua dan telah melakukan registrasi sebanyak 129 mahasiswa.

“Proses seleksi ini dibagi menjadi dua tahap. Seleksi tahap I dilakukan dengan cara melakukan ujian online dengan materi TPA dan Kemampuan Bahasa Inggris atau dengan mengunggah sertifikat TPA BAPPENAS dan sertifikat TOEFL ITP/IELTS. Pada ujian tahap II dilakukan secara luring yang meliputi tes wawancara Prodi, tes bidang keilmuan, psikotes, portofolio, tes kesehatan fisik (MCU), dan tes wawancara oleh pimpinan universitas dan rumah sakit,” tutur Prof. Hadiwiyono.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Yunus menyampaikan bahwa pada ujian tahap ke-1, jumlah pendaftar adalah 334. Dari jumlah tersebut yang dinyatakan lolos ujian tahap ke-1 dan berhak untuk mengikuti ujian tahap ke-2 adalah 316 atau dalam kisaran 94,61%. Kemudian berdasarkan hasil ujian tahap ke-2, ada sebanyak 129 calon mahasiswa dari 15 Prodi yang telah dinyatakan lolos seleksi.

“Semakin tahun, semakin banyak jumlah pendaftar calon mahasiswa di UNS. Tentu persaingan pun menjadi semakin ketat. Kami mendapat laporan dari UPT SPMB bahwa jumlah yang diterima PPDS Periode II Tahun 2022/2023 adalah 129 dari 334 orang pendaftar. Hal ini tentu patut disyukuri, bagi para pendaftar yang diterima. Kalian adalah pendaftar yang unggul terseleksi dan dapat diterima sebagai Maba di PPDS UNS perguruan tinggi papan atas dan unggul di Indonesia. Untuk itu kepada para calon Maba PPDS periode II Tahun 2022/2023 saya sampaikan selamat dan semoga Allah meberikan kelancaran dan kesuksesan studi kalian,” papar Prof. Yunus.

Usai dilantik, acara pelantikan ditutup dengan penyerahan daftar nama Maba PPDS dari Rektor UNS yang diwakili oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Yunus kepada Dekan FK UNS, Prof. Reviono.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.