News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia di Era 4.0

Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia di Era 4.0

 Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia di Era 4.0 


ditulis oleh Farhan  Firjatullah (mahasiswa Fakultas Pertanian UNS)

ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com)

Pengertian Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan salah satu ciri yang paling khas dan manusiawi untuk membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Bahasa sebagai suatu sistem komunikasi adalah suatu bagian dari sistem kebudayaan, bahkan merupakan bagian inti kebudayaan. Bahasa juga terlibat dalam semua aspek kebudayaan. Kebudayaan manusia tidak akan mungkin terjadi tanpa bahasa karena bahasa merupakan faktor utama yang menentukan terbentuknya kebudayaan. Begitu banyak fungsi bahasa terhadap kebudayaan, seperti sebagai sarana pengembangan kebudayaan, sarana pembinaan kebudayaan, jalur pembinaan kebudayaan, dan sarana inventarisasi kebudayaan. (Rina Devianty, 2017)

Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan bagian penting dari kehidupan bermasyarakat. Di Indonesia, bahasa Indonesia digunakan sebagai alat komunikasi, seni, dan alat pemersatu bangsa Indonesia. Menurut Keraf (2004) mengatakan bahwa bahasa mempunyai empat fungsi yaitu, sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri, alat komunikasi, alat mengadakan integrasi dan adaptasi sosial, seta alat mengadakan kontrol sosial.

Dalam fungsi dan kedudukannya sebagai bahasa resmi negara Indonesia, bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang kebangsaan negara, identitas nasional, alat pemersatu suku bangsa, dan alat komunikasi antar budaya didaerah. Sebagai lambang kebangsaan negara, bahasa Indonesia memiliki norma-norma, nilai sosial, dan budaya luhur bangsa. Dengan nilai luhur yang dimiliki itu, menandakan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dapat mencerminkan bangsa Indonesia itu sendiri. Maka dari itu, wajib bagi warga negara Indonesia untuk menjunjung tinggi serta mempertahankan kemurnian nilai-nilai luhur yang terkandung dalam bahasa Indonesia. 

Selain sebagai lambang negara yang memiliki nilai-nilai luhur, bahasa Indonesia juga berfungsi sebagai alat pemersatu dan penghubung antar suku, budaya, di daerah. Di Indonesia terdapat masyarakat yang berbeda latar belakang sosial, budaya, serta bahasa daerah. Dengan adanya bahasa Indonesia, masyarakat dapat disatukan oleh satu bahasa, dapat berinteraksi terhadap sesama, dan membuktikan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dapat mempererat tali persaudaraan antar daerah-daerah di Indonesia.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.