News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pengabdian Masyarakat SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Momentum Sebarkan Ilmu dan Amal

Pengabdian Masyarakat SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Momentum Sebarkan Ilmu dan Amal

 Pengabdian Masyarakat SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Momentum Sebarkan Ilmu dan Amal


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

Solo-  SMP Muhammadiyah 1 Surakarta senantiasa berikhtiar mendidik para siswanya untuk menjadi sebaik-baik manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. Hal ini tercermin pada program pengabdian masyarakat Bulan Romadhon. Kegiatan ini memberikan kesempatan para siswa berbagi ilmu membaca Alqur’an  yang  telah didapat di sekolah untuk  disampaikan di masyarakat sekitar tempat tinggal. Kegiatan ini di mulai dari tanggal 12-16 April 2023. Siswa yang mengikuti pengabdian dari kelas 7-9 dengan didampingi 1 orang guru. Siswa mengajari cara membaca Al Qur’an pada para siswa TPA Masjid lokasi pengabdian. 


Lokasi pengabdian berada di 12 lokasi berbeda, yaitu Masjid Ghifari Petoran, Masjid Al Mukmin Kwarasan, Masjid Al Hijrah perumnas Palur, Masjid Ahmad Maryam Karangmojo, Masjid Nurul Huda Grogol, Masjid Mirajul Mukminin Grogol,  Masjid At-Taqwa Babadan, Masjid Baiturrahman Sawahan, Masjid Al Mukmin Kestalan, Masjid Al Muhajirin Sangkrah, Masjid Ar Rahman Pratanggapati, dan Masjid Aisyiah Kadipiro. Selain mengajar para siswa juga membagikan takjil dari SMP Muhammadiyah 1 Surakarta untuk para peserta TPA dan berbuka bersama mereka.

Awal mula proses kegiatan ini, sekolah melakukan sosialisasi, bahwa akan ada kegiatan pengabdian mengajarkan Al qur’an dibulan Romadhon. Para siswa yang bersedia mengikuti program didata masjid terdekat dari rumahnya dan peserta TPAnya. Tahap selanjutnya dilakukan penjadwalan urutan lokasi dan guru yang mendampingi di setiap masjid. 


Waka Al islam dan Kemuhammadiyahan SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, Isa Alfajri, Lc, M.Pd menjelaskan, “Kegiatan ini selain menjadi pengingat bagi para siswa pada Alqur’an Surat Al Mujadilah ayat 11, bahwa “Alloh akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” juga untuk mengaplikasikan ilmu mereka di masyarakat sekitar mereka. 


Salah satu peserta pengabdian Muhammad Alvaro Khoirulloh Kelas 9PK1 menyampaikan kesannya mengikuti pengabdian, “ Kegiatan ini seru karena kita harus bekerjasama dengan adik kelas dan mengajari adik-adik TPA yang baru kita kenal.”

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.