News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FK UMS menyelenggarakan penyuluhan tentang peningkatan kesehatan mental

FK UMS menyelenggarakan penyuluhan tentang peningkatan kesehatan mental

 FK UMS menyelenggarakan penyuluhan tentang peningkatan kesehatan mental


 Acara penyuluhan peningkatan kesehatan mental oleh dosen FK UMS (Foto: N Juni)

Kartasura- Mengantisipasi dampak pandemi COVID-19 terhadap kesehatan mental masyarakat, tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan penyuluhan kesehatan bertajuk “Peningkatan kesehatan mental dengan pencegahan kecemasan, stres dan depresi.” Acara ini diikuti oleh semua guru dan wali murid di TK ABA Gonilan serta guru-guru TK diwilayah Kartasura, dan bertempat di Balai Pengobatan Muhammadiyah, Kartasura pada hari Jumat (17/3).

Acara penyuluhan kesehatan ini merupakan program pengabdian masyarakat PKM P2AD UMS yang dihadiri oleh lima dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah sekaligus sebagai narasumber diantaranya: dr. N Juni Triastuti, M.Med.Ed, dr. Erna Herawati, SpKJ, dr. Sri Wahyu B, M.Kes, dr. Nur Mahmudah, MSc., dan dr Tri Agustina, MSc. Selain itu sepuluh mahasiswa kedokteran juga ikut terlibat membantu dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan kecemasan, stres dan depresi.

Dari data pretes dan postes yang diberikan kepada peserta penyuluhan, menunjukkan peningkatan tingkat pengetahuan peserta penyuluhan kesehatan sebelum dan setelah penyuluhan dimana hal ini menunjukkan peserta penyuluhan mendapatkan manfaat pengetahuan dari penyuluhan yang diberikan.

“Semoga dengan adanya kegiatan penyuluhan tentang pencegahan dan penatalaksanaan kecemasan, stres dan depresi ini dapat mendorong masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan mental dan melakukan upaya pencegahan gangguan mental terutama akibat dari pandemi COVID-19,” ujar salah satu dosen.

Semoga kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat dan dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.