News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PENYULUHAN KONSEP CPPB (CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK), PENDUGAAN UMUR SIMPAN, DAN PELABELAN KEMASAN

PENYULUHAN KONSEP CPPB (CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK), PENDUGAAN UMUR SIMPAN, DAN PELABELAN KEMASAN

 PENYULUHAN KONSEP CPPB (CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK), PENDUGAAN UMUR SIMPAN, DAN PELABELAN KEMASAN 


Ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

Skema PKM HGR-UNS

APLIKASI KONSEP CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB) PADA UKM MANCO CIMUT MADIUN JAWA TIMUR

Makanan tradisional adalah produk lokal yang diolah secara tradisional di suatu daerah di Indonesia. Makanan tradisional Indonesia di antaranya adalah manco. Manco adalah produk olahan tepung beras ketan yang kenyal dan diolah dengan proses penggorengan hingga garing kemudian dibalut gula karamel yang lengket dan manis lalu diselimuti wijen di permukaan terluarnya. Manco merupakan produk pangan olahan yang banyak diproduksi oleh kalangan UKM, di antaranya UKM “Manco Cimut” di Madiun. 


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di UKM “Manco Cimut”, (20 Mei 2023). UKM “Manco Cimut” adalah produsen kue manco yang beralamat di Dusun Gogol RT 09 / RW 01, Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. 


UKM “Manco Cimut” merupakan rumah produksi camilan kue manco khas Madiun yang dulunya produksi kue manco merupakan usaha keluarga yang dilakukan secara turun temurun, setelah pernikahan Bapak Sumarlan selang beberapa waktu kemudian produksi kue manco diambil alih dan diketuai oleh Bapak Sumarlan, kemudian dibentuk UKM “Manco Cimut”. UKM “Manco Cimut” saat ini mempunyai kapasitas produksi 12.500 kemasan per bulan dengan omzet Rp75.000.000,00 per bulan. 


Proses produksi kue manco di UKM “Manco Cimut” masih tradisional, selain itu umur simpan produk manco ditentukan hanya berdasarkan percobaan sederhana, serta menggunakan kemasan dengan label yang masih sederhana. Berdasarkan uraian di atas dan permasalahan yang terjadi pada UKM “Manco Cimut” maka kegiatan pengabdian ini mempunyai tujuan untuk mengaplikasikan konsep cara produksi pangan yang baik (CPPB), pendugaan umur simpan yang memadai, dan pelabelan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 


Dengan demikian diharapkan produk manco dari UKM “Manco Cimut” mempunyai mutu yang baik karena proses produksi yang baik, mempunyai informasi yang lebih akurat untuk umur simpannya, dan mempunyai informasi yang lebih lengkap pada label kemasannya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.