News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Riset Grup (RG) Sejarah Kebudayaan Fakultas Ilmu Budaya UNS Gelar Kegiatan Pengabdian Tata Ruang Mengkunegaran

Riset Grup (RG) Sejarah Kebudayaan Fakultas Ilmu Budaya UNS Gelar Kegiatan Pengabdian Tata Ruang Mengkunegaran

Riset Grup (RG) Sejarah Kebudayaan Fakultas Ilmu Budaya UNS Gelar Kegiatan Pengabdian Tata Ruang Mengkunegaran 

SOLO - Riset Grup (RG) Sejarah Kebudayaan Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat. Tempat kegiatan berada di perpustakaan Reksopustoko Puro Mangkunegaran, Selasa (13/6/2023). "Kegiatan pengabdian tahun 2023 ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya terutama membantu Pengelolaan Rekso Pustoko Puro Mangkunegaran di dalam Digitalisasi Katalog Foto Bangunan Koleksi , Puro Mangkunegaran," jelas Ketua Program Studi Dr. Susanto, M.Hum, Selasa (13/6) di Mangkunegaran.


Lebih lanjut Susanto mengatakan identifikasi masalah telah dilakukan dengan beberapa temuan 1 ; bahwa katalog foto belum tertata dengan baik, banyak foto yang belum memiliki identitas dengan jelas. 2, . katalog foto belum memiliki klasifikasi koding yang jelas. 3, kondisi foto mulai rapuh. Dengan identifikasi masalah tersebut apabila tidak ada upaya yang terstuktur akan berakibat 1; menghambat pemanfaatan foto untuk kepentingan studi atau kepentingan lain dengan waktu yang cepat. 2; identifikasi foto lama kelamaan akan pudar dimakan waktu. 3; penyimpanan koleksi foto menjadi tidak optimal.


Tim Riset Grup Sejarah Kebudayaan Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya UNS akan berupaya dengan dukungan sumberdaya yang ada untuk membantu membuat katalog baru terutama dengan pendekatan digitalisasi. Upaya ini, menurut Susanto, dapat dilakukan bersama dengan para mahasiswa sekaligus mahasiswa mahasiswa Program Studi Ilmu Sejarah UNS dapat melakukan orientasi sumber sejarah terkait Mangkunegaran yang masih memiliki potensi besar bagi penyelesaian studi mereka. Mahasiswa yang dilibatkan terutama yang mengambil mata kuliah Kajian Kearsipan. Tim juga akan membantu pengadaan tempat penyimpanan foto-foto koleksi secara fisik dan bantuan menata pemeliharaan jenis foto sesuai katagorisasi yang tepat.


Diharapkan dengan kegiatan ini secara bertahap akses masyarakat terhadap Perpustakan rekso Pustoko Mangkunegaran semakin mudah. Apabila pada tahun ini kegiatan digitalisasi katalog foto-foto koleksi Mangkunegaran belum selesai melihat tingkat kesulitannya maka direncanakan untuk dapat dilanjutkan dengan usulan kegiatan di tahun mendatang.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.