News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Refleksi Pembelajaran Fase E dan Penyusunan Modul Fase F Mata Pelajaran Biologi SMA pada Kurikulum Merdeka

Refleksi Pembelajaran Fase E dan Penyusunan Modul Fase F Mata Pelajaran Biologi SMA pada Kurikulum Merdeka

Refleksi Pembelajaran Fase E dan Penyusunan Modul Fase F Mata Pelajaran Biologi SMA pada Kurikulum Merdeka



ditulis oleh ; Eko Setyaningsih, S.Pd.,M.Si. (Guru Biologi SMA Negeri 5 Surakarta, Ketua MGMP Biologi SMA Kota Surakarta)

SOLO - MGMP Biologi SMA Kota Surakarta melaksanakan refleksi pembelajaran fase E dan analisis CP yang diakhiri dengan penyusunan modul ajar fase F pada kurikulum merdeka, Jumat ( 9/6 ) di SMA Negeri 4 Surakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh guru biologi perwakilan sekolah SMA Negeri dan Swasta di kota Surakarta. Kegiatan di mulai pukul 08.00 dan diakhiri pada pukul 14.30 WIB.


Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMA Negeri 4 Surakarta, hadir mewakili Ibu Kepala Sekolah yang berhalangan hadir, menyampaikan harapan agar kegiatan ini menjadi wahana bertemunya guru-guru biologi untuk saling berbagi praktik baik dan mampu menyusun modul ajar secara mandiri.   

Refleksi pembelajaran fase E disampaikan oleh Agus Supriadi, S.Pd. dari SMA Batik 1 dan fase F oleh Aditya Noor Cahya Perdana, S.Si. dari SMA Warga Surakarta, keduanya merupakan guru biologi di Sekolah Penggerak.

 “Pembelajaran Biologi di Kurikulum Merdeka ini, disajikan dalam suasana yang menyenangkan, dengan selalu melibatkan anak dalam diskusi kelompok dan berkolaborasi, serta menghasilkan karya-karya yang menunjukkan kecintaan murid pada makhluk hidup dan lingkungannya”, papar Agus Supriadi.


Menurut Aditya Noor Cahya Perdana, pembelajaran biologi di SMA Warga menggunakan strategi alur MERDEKA, seperti pada pembelajaran di Program Guru Penggerak.  Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, Aksi nyata, dan diakhiri dengan refleksi. Selain itu, pembelajaran dilaksanakan berdasarkan minat murid, disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran (CP).

Setelah refleksi pembelajaran peserta dibagi menjadi 2 kelompok, untuk membahas rencana tindak lanjut dari hasil refleksi. Kegiatan diskusi kelompok diawali dengan analisis CP kemudian menentukan Tujuan Pembelajaran (TP), dan akhirnya menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sebagai pedoman saat menyusun Modul Ajar (MA).

 Peserta kegiatan sangat antusias dalam berdiskusi, karena sebagian besar belum pernah melakukan pembelajaran di fase F, jenjang kelas XI dan XII tingkat SMA. Hasil diskusi berupa rumusan ATP dan pembagian tugas menyusun MA pada setiap konten dalam CP. MA yang tersusun akan menjadi milik bersama, dan disesuaikan dengan karakter sekolah masing-masing. 

Melalui kegiatan ini, peserta mendapatkan gambaran yang lebih nyata terkait praktik baik dari guru sekolah penggerak. Harapannya, pada tahun pelajaran 2023/2024 mendatang seluruh guru biologi SMA Kota Surakarta telah siap untuk melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid, dan pembelajaran yang sesuai kebutuhan murid, seperti yang diamanahkan dalam Kurikulum Merdeka. 




Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.