News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kuliah Umum dan Mou Nota Kesepahaman dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

Kuliah Umum dan Mou Nota Kesepahaman dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia



Kuliah Umum dan Mou Nota Kesepahaman dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

 ditulis kembali Oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

SOLO - Sabtu, 19 Agustus 2023 UNSA mengadakan Kuliah Umum dan MoU Nota Kesepahaman dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Kegiatan ini terselenggara di Auditorium Prof.Dr.HS Brodjo Sudjono, SH.,MS. Kuliah Umum yang mengangkat tema Wawasan Kebangsaan di Lingkungan Kampus, Tantangan dan Solusi. Kuliah Umum ini diikuti oleh 150 peserta baik dosen maupun mahasiswa.


Kuliah umum diisi langsung oleh Hakim Mahkamah Konstitusi YM. Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S. Dalam paparannya beliau menyampaikan perlunya generasi muda untuk memegang teguh nilai-nilai Pancasila sebagai dasar berkehidupan berbangsa dan bernegara. Memasuki era perubahan yang sangat cepat dibutuhkan keteguhan visi dan misi negara sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Secara sederhana, beliau menganalogikan kemajuan dunia yang berada dalam ketidakpastian dan kompleksitas situasi ini dengan VUCA (istilah di dunia militer pada 1990-an atau fog war).

Untuk itu, beliau menyampaikan agar seluruh komponen bangsa khususnya lingkungan kampus menjadi katalisator bagi pengembangan nilai-nilai luhur Pancasila, kearifan lokal, dan budaya asli Nusantara secara masif.

Dalam paparannya beliau mengajak untuk menyebar luaskan konten-konten yang bersifat Pancasila demi memperkuat bangsa Indonesia.

Acara ini dilanjutkan penandatangan MoU Nota Kesepahaman antara Mahkamah Konstitusi dengan Universitas Surakarta yang ditandatangani secara digital oleh Sekretaris Jenderal Heru Setyawan S.E., M.Si dan Rektor Universitas Surakarta Dr. Hj. Astrid Widayani, S.S., S.E., M.BA.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.