News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Laksanakan PBL, Siswa Kelas 3 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Mengenal Lingkungan Sekitar

Laksanakan PBL, Siswa Kelas 3 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Mengenal Lingkungan Sekitar

 Laksanakan PBL, Siswa Kelas 3 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Mengenal Lingkungan Sekitar


ditulis kembali oleh Eko Ptasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

SOLO(26/09)--Rehat setelah melaksanakan Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Gasal adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa SD Islam Terpadu Nur Hidayah, tak terkecuali para siswa dari kelas 3. Pasalnya, memang siswa tidak diwajibkan membawa buku pelajaran dan kegiatannya bersifat refreshing atau penyegaran setelah ujian. 


Selasa (26/09) merupakan hari kedua dari jadwal rehat sekolah. Sejumlah 91 siswa melaksanakan kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) dengan tema "Mengenal dan Menyayangi Makhluk Hidup di Sekitar Kita". Pembelajaran berbasis praktik ini bertempat di Kebon Ngarep Omah, Baki, Sukoharjo yang satu lokasi dengan restoran "Sebelas Rasa".

Sesampainya di lokasi, siswa-siswi kelas 3 dan para guru merasakan suasana pedesaan yang sangat asri dan jarang ditemui di kota Solo. Banyaknya pohon rindang membawa kesejukan meskipun sinar matahari menyengat.


"Adek-adek, nanti kalian akan diajarkan cara cara menanam, merawat dan memanen tanaman hidroponik, lalu juga diajari cara mengolah telur asin dan mengenalkan cara merawat ayam dengan baik." Papar Kak Amyrta salah satu trainer dari Kebon Ngarep Omah. 

Guna mempermudah pelaksanaan praktik pembelajaran, para siswa dibagi menjadi tiga kelompok untuk masing-masing kelas. Setiap kelompok didampingi oleh seorang trainer. Para trainer inilah yang membimbing dan mengarahkan para siswa untuk melaksanakan kegiatan praktek lapang, diantaranya menanam kangkung, membuat telur asin dan melihat proses penetasan ayam. Semua siswa tampak antusias mengikutinya. 


Di tengah-tengah kegiatan, Faeyza Ahnaf Aqila (9) mengatakan, "Asyiik, enak juga ya belajar langsung begini. Kita jadi tahu ternyata menanam itu nggak selalu di tanah. Pakai air begini juga bisa ya."

Ustadzah Indah Sri Rahayu, S.S selaku koordinator acara pada kegiatan ini menuturkan, "Kebahagiaan guru adalah ketika siswa itu memahami materi yang diajarkan di sekolah dan bisa mempraktekannya di kehidupan nyata. Kegiatan PBL ini adalah penghubung dari teori-teori pembelajaran di sekolah.


Dengan demikian, para siswa sangat terbantu dalam merealisasikan ilmu yang mereka dapatkan dari sekolah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari. Kami juga berharap dengan adanya PBL begini, siswa akan lebih fresh dan bahagia karena belajar itu tidak melulu melalui buku. In syaa Allah pemahaman mereka pun akan semakin mendalam karena mereka mendapat pengalaman secara langsung."

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.