News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DAN CSR KE-3 FAKULTAS PERTANIAN UNS TAHUN 2023

SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DAN CSR KE-3 FAKULTAS PERTANIAN UNS TAHUN 2023

 SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DAN CSR KE-3 FAKULTAS PERTANIAN UNS TAHUN 2023


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com)

SOLO -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada Agustus-Oktober 2023 berlanjut hingga awal 2024 akan terjadi cuaca panas ekstrem di Indonesia yang dipicu puncak fenomena iklim El Nino. Hal ini mengakibatkan fenomena hujan yang sangat kecil sehingga akan berdampak pada kekeringan dan gagal panen di sektor pertanian. Fakultas Pertanian UNS menanggapi fenomena ini dengan menyelenggarakan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan CSR ke-3 Fakultas Pertanian UNS Tahun 2023 dengan tema "Penguatan Ketahanan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal sebagai Antisipasi Menanggulangi Fenomena El Nino". Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin, 25 September 2023 secara hybrid yaitu luring bertempat di Aula Gedung Supratoyo Fakultas Pertanian UNS daring yaitu Zoom dan YouTube Fakultas Pertanian UNS. 


Seminar ini dibuka dengan Laporan Ketua Semnas yaitu Dr. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si. dan sambutan oleh Dekan Fakultas Pertanian UNS yaitu Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng. Kegiatan berikutnya yaitu penandatangan kerjasama antara Fakultas Pertanian UNS dan PT. Widji Nusantara Makmur (WINMAR) dan penyerahan buku 50 alumni berprestasi Fakultas Pertanian UNS.

Pada seminar ini turut hadir Keynote Speaker yaitu Mochamad Nur Arifin selaku Bupati Trenggalek, Jawa Timur. Beliau menyampaikan materi dengan tema “Penguatan Ketahanan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal di Kabupaten Trenggalek sebagai Antisipati Menanggulangi Fenomena El Nino”. Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang menjadikan pertanian sebagai salah satu sumber pencaharian utama. Kabupaten ini menyiapkan mitigasi untuk mencegah fenomena il nino. Moderator Andriyana Setyawati, S.P., M.P., Ph.D. yang memandu jalannya seminar dengan 4 narasumber. Narasumber pertama yaitu Eko Widiastopo, S.P. selaku Direktur PT. Widji Nusantara Makmur (WINMAR) yang menyampaikan materi dengan tema “Peran Perusahaan Swasta dalam Penguatan Ketahanan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal”

Narasumber kedua yaitu Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A. selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyampaikan materi dengan tema “Upaya dan Strategi Penguatan Ketahanan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal”.

Narasumber ketiga yaitu Dr. Ir. Choiroel Anam, M.P., M.T. selaku Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan UNS yang menyampaikan materi dengan tema “Diversifikasi Pangan Berbasis Potensi Lokal”.

Narasumber keempat yaitu Ir. Hendratmojo Bagus Hudoro, M.Sc. selaku Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian yang menyampaikan materi dengan tema “Kebijakan Kementerian Pertanian dalam Penguatan Ketahanan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal”.


Kegiatan ini diikuti dengan antusiasme tinggi oleh peserta civitas akademika Fakultas Pertanian UNS, praktisi dan umum. Kegiatan seminar lalu diikuti dengan presentasi pemakalah yang bisa diakses di kanal YouTube Fakultas Pertanian UNS.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.