News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UNS Tambah Lima Guru Besar dari Tiga Fakultas

UNS Tambah Lima Guru Besar dari Tiga Fakultas

 UNS Tambah Lima Guru Besar dari Tiga Fakultas


Ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com)

SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pasalnya selama bulan Setember 2023 ini UNS menambah 22 Guru Besar baru. Setelah lima Guru Besar dikukuhkan oleh Rektor UNS.  Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum. Kini UNS kembali mengukuhkan lima Guru Besar baru, yakni: Prof. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd. (FKIP); Prof. Dr. Djono, M.Pd.(FKIP); Prof. Dr. Suminah, M.Si. (Fak. Pertanian); Prof. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si. (Fak. Pertanian); Prof. Dr.rer.nat Witri Wahyu Lestari, S.Si., M.Sc. (FMIPA), yang dilaksanakan secara luring dan daring pada bertempat di Auditorium GPH Haryomataram, S.H, Kamis (21/9).

Pengukuhan 5 (lima) Guru Besar hari ini merupakan sesi ke 2 dari total 22 orang Guru Besar UNS yang dikukuhkan selama bulan September 2023.  Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho mengatakan ke lima Profesor dari FKIP, Fak. Pertanian dan FMIPA hari ini, merupakan kebanggaan tersendiri. Tambahan lima Profesor baru, jelas menjadi bekal UNS untuk memantabkan diri masuk 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia.  “Apalagi pada bulan Juni 2023 lalu, UNS diantaranya berhasil menduduki ranking 7 PTN Terbaik di Indonesia versi Asia University Ranking 2023, yang dirilis oleh THE World University Rankings,” ujar Rektor.

Ada satu ungkapan yang menarik kita renungkan,menurut Prof Jamal, bahwa ruh perguruan tinggi sejatinya adalah Doktor dan Profesor. Karena keduanya merupakan motor penggerak transformasi dan pengembangan IPTEKS serta mencerminkan salah satu tingkat kemajuan dan wibawa perguruan tinggi. “Oleh karena itu tidaklah salah jika kami selaku pimpinan perguruan tinggi meminta kepada para penyandang gelar doktor senior, tergerak untuk segera menuntaskan kenaikan jabatan akademik tertingginya ke jenjang Profesor. Jangan justru sebaliknya, para Doktor malah asyik menunggu untuk digerakan, dan/atau terlanjur nyaman menikmati berbagai tugas tambahan yang disandangnya,” kata Prof Jamal.

Perlu juga diketahui, kata Prof Jamal, bahwa Iklim yang kondusif bagi para Doktor dan juga Profesor UNS, untuk terus menerus mengembangkan diri telah kita rasakan bersama. Berbagai kerjasama dan peluang pendanaan kegiatan di bidang riset, inovasi dan publikasi ilmiah dengan berbagai institusi, baik dalam maupun luar negeri sudah sangat terbuka.  Oleh karena itu kepada para Doktor yang sudah menduduki jabatan Lektor Kepala, agar jangan melewatkan momentum percepatan jumlah guru besar di UNS ini, tentunya dengan terus menerus memacu kinerja dan produktifitas ilmiahnya, agar dapat segera berhasil menduduki jabatan profesor. Sebab, amanat dari Kemenristekdikti, rasio ideal Guru Besar yang harus dimiliki perguruan tinggi adalah 20% dari total populasi dosen yang ada di dalamnya.


 

Mengakhiri sambutan ini, “ijinkanlah saya atas nama pribadi dan pimpinan universitas mengucapkan selamat dan sukses kepada: Prof. Akhmad Arif Musadad; Prof. Djono; Prof. Suminah; Prof. Kusnandar; dan Prof. Witri Wahyu Lestari, yang telah meraih jabatan Profesor. Semoga kehadiran para Profesor baru tersebut, akan berkontribusi meningkatkan reputasi akademik UNS yang berskala Internasional, khususnya dibidang riset dan inovasi,” ungkap Rektor.

 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.