News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SD Islam Terpadu Nur Hidayah Meningkatkan Kepedulian Sosial Murid Dalam Memperingati Rangka Hari Santri

SD Islam Terpadu Nur Hidayah Meningkatkan Kepedulian Sosial Murid Dalam Memperingati Rangka Hari Santri

 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Meningkatkan Kepedulian Sosial Murid Dalam Memperingati Rangka Hari Santri 

 ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

SOLO - Pada Hari Senin, tanggal 23 Oktober 2023, SD Islam Terpadu Nur Hidayah telah mengadakan beberapa kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri. Terdapat 3 kegiatan besar Yang dilakukan seperti sholat istisqa', munasaroh Palestina, dan pawai Hari santri. Durasi waktu kegiatan ini dilaksanakan mulai jam 07.00-10.00.


Tempat kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah SD Islam Terpadu Nur Hidayah. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan sekitar 647 siswa, jika dengan guru dan karyawan sekitar 747 Lebih. 

Tema yang dipakai mengikuti tema Hari santri yaitu "Jihad Santri Jayakan Negeri". Untuk Tema khusus nya SD Islam Terpadu Nur Hidayah fokus pada meningkatkan kepedulian anak terhadap konflik yang sedang ada di Palestina.


Wulansari, SP, S.Pd. menyampaikan bahwa "Membangun kesadaran dan kesyukuran kepada anak bahwa disekitaran kita banyak yang sudah kekeringan tapi disini Masih mudah mendapatkan air. Kita mengajak anak Lebih hemat, tidak boros terhadap air." 

Acara ini dimulai setelah siswa-siswi melaksanakan majelis pagi dimana siswa-siswi berdoa dan murojaah Al-Qur'an juz 30 dipandu dengan dua guru yang kemudian dilanjut sambutan-sambutan. Selanjutnya terdapat penjelasan singkat tentang sholat istisqa' kemudian dilanjutkan praktek sholat istisqa'. Setelah itu dilakukan kegiatan munasaroh dan kemudian kegiatan pawai.


Kegiatan pawai Hari Santri ini mengangkat dua isu yaitu Hari Santri dan kepedulian terhadap Palestina. Pada kegiatan ini siswa-siswi SD Islam Terpadu Nur Hidayah membuat berbagai poster bertema tersebut. Selain itu, mereka juga membawa snack ringan yang telah dibungkus rapi kemudian dibagikan ke warga sekitar lingkungan SD Islam Terpadu Nur Hidayah.

Dalam mengikuti kegiatan-kegiatan ini siswa sangat antusias seperti saat mengikuti sholat istisqa' yang baru pertama kali diadakan di Tempat kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah SD Islam Terpadu Nur Hidayah. 


Acara perayaan ini dilaksanakan SD Islam Terpadu Nur Hidayah mengambil momen hari Hari Santri. Sedangkan untuk serangkaian kegiatan ini dilaksanakan secara insidental apabila ada peristiwa tertentu seperti bencana alam, sekolah akan melakukan gerakan seperti sholat ghoib atau sholat istisqa' saat kemarau panjang.


Untuk kegiatan munasaroh, SD Islam Terpadu Nur Hidayah bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nur Hidayah. Wulansari, SP, S.Pd. menyampaikan bahwa "Donasi yang diserahkan ke sekolah itu kita sampaikan ke LAZ Nur Hidayah, donasi ini juga masih terbuka sampai 10 November."

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.