News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UNS Masuk 7 Besar Peserta Pimnas 2023

UNS Masuk 7 Besar Peserta Pimnas 2023

 UNS Masuk 7 Besar Peserta Pimnas 2023



 ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menduduki peringkat ke-7 dalam 10 besar perguruan tinggi yang lolos pada Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-36 Tahun 2023. Dalam pengumuman yang dirilis Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Selasa (7/11/2023), UNS berhasil meloloskan 17 tim pada PKM Pimnas tahun ini. 

Dari jumlah tersebut, UNS mengungguli Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Pandjadjaran (Unpad), dan Universitas Airlangga (Unair). Proposal yang lolos pada PKM Pimnas tahun ini terdiri dari 1 tim PKM Kewirausahaan, 1 tim PKM Pengabdian Masyarakat, 1 tim PKM Penerapan Iptek, 2 tim PKM Riset Sosial Humaniora, dan yang terbanyak adalah PKM Riset Eksakta dengan jumlah 12 proposal.

Menanggapi capaian membanggakan ini, Direktur Direktorat Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan (DRAK), Dr. Sutanto mengatakan, kunci dari keberhasilan UNS masuk 10 besar perguruan tinggi yang lolos Pimnas tahun ini tidak dapat dilepaskan dari kedekatan dan sinergitas yang baik antara mahasiswa dengan dosen pembimbingnya.

“Saya apresiasi karena itu kerja keras teman-teman tim PKM juga kebersamaan dengan pendamping itu yang saya apresiasi. Karena kunci sukses itu ada disana. Kalau chemistry-nya sudah bagus mau dengan cara apapun pasti bisa,” ujar Dr. Sutanto kepada uns.ac.id, Kamis (9/11/2023).

Selain faktor tersebut, Dr. Sutanto juga mengatakan kelolosan 17 proposal UNS di ajang tahunan tersebut tidak dapat dilepaskan dari perubahan strategi dan pendekatan kepada dosen pembimbing dan mahasiswa. Beliau menerangkan telah merekrut ratusan reviewer berpengalaman untuk mengulik setiap proposal yang dikumpulkan oleh mahasiswa. Hal ini dilakukan selama melakukan persiapan dan menggelar sosialisasi PKM Pimnas kepada para mahasiswa.

“Bagi UNS, ini capaian yang membanggakan dan bagi teman-teman pegiat PKM juga,” ucapnya.

Dr. Sutanto menambahkan DRAK juga akan menyempurnakan persiapan PKM Pimnas untuk tahun 2024. Caranya adalah dengan mendatangkan pemateri dan memfokuskan proposal PKM Pimnas sesuai dengan rumpun keilmuan mahasiswa.

“Kedepan kita akan terus menyempurnakan persiapan bagi mahasiswa untuk mengikuti PKM ini. Capaian UNS tahun ini akan dievaluasi demi perbaikan di tahun berikutnya. Optimalisasi keilmuan tiap mahasiswa akan ditingkatkan untuk memfokuskan proposal yang dibuat,” terang Dr. Sutanto.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.