News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rektor Sambut Silaturahmi Awal Tahun 2024.

Rektor Sambut Silaturahmi Awal Tahun 2024.

Rektor Sambut Silaturahmi Awal Tahun 2024.


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Dr. Jamal Wiwoho, SH menyatakan tidak terasa kita bersama telah meninggalkan tahun 2023 yang penuh dengan ujian, suka duka dan tantangan yang kian berat. Ucapan selamat tinggal untuk tahun 2023 bukan sekadar rangkaian kata semata, melainkan sebuah ekspresi perasaan, pengalaman, dan penghargaan terhadap segala yang telah terjadi. "Namun demikian, kita pantas bersyukur karena dengan berbekal semangat dan optimisme yang tinggi, bahu membahu untuk saling menguatkan. yang dilandasi dengan nilai-nilai kebersamaan, akhirnya kerja kolektif kita sepanjang tahun 2023 bisa membuahkan hasil yang membanggakan," ungkap Prof Jamal di Auditorium GPH Haryomataran, Universitas Sebelas Maret, Solo, Selasa (2/1). 

Sebagai makhluk ciptaan Allah yang jauh dari kata sempurna,menurut Prof Jamal, kitapun menyadari bahwa belum semua target kinerja yang telah kita sepakati Bersama dapat sepenuhnya terpenuhi. 

Tentu kekurangan ini merupakan kewajiban kita bersama untuk menuntaskanya di tahun 2024.

Lebih lanjut Ia mengatakan, Bapak/ibu pimpinan dan civitas akademika UNS yang saya banggakan, Tahun 2024 ini bagi bangsa Indonesia memiliki makna yang sangat penting, karena sekaranglah seluruh masyarakat Indonesia akan menentukan pilihanya mencari sosok atau figure calon pemimpin bangsa yang mumpuni, yang diharapkan dapat membawa kemajuan Indonesia, setidaknya untuk jangka waktu 5 tahun kedepan. Demikian juga bagi civitas akademika UNS, yang pada awal tahun 2024 ini akan kembali menggelar pemilihan anggota Majelis Wali Amanat dan Rektor untuk periode jabatan 5 tahun kedepan, sebagai tindak lanjut dari Permendikbudristek No. 24 Tahun 2023 tentang Penataan Peraturan Internal dan Organ di Lingkungan UNS. 


"Kedua momentum tersebut perlu kita sikapi dengan dewasa dan bijak. Perbedaan pilihan sejatinya merupakan sesuatu hal yang biasa dan wajar terjadi. Semangat kedewasaan berdemokrasi, dengan senantiasa menghormati aturan, norma dan itikad berdemokrasi harus menjadi bagian penting civitas akademika UNS dalam memprakarsainya," ungkapnya 

Sebagai kaum intelektual, lanjut Rektor, setidaknya civitas akademika UNS harus melakukan aksi menjadikan demokrasi kita lebih benar, konstitusional dan berjiwa keadilan. Oleh karena itu, saya percaya bahwa pemimpin yang dihasilkan dari proses pemilihan yang fair play, demokratis dan konstitusional akan menghasilkan pemimpin yang legitimate. 

Persis seperti apa yang disampaikan Prof. Sunny Ummul Firdausi SH , ungkap Prof Jamal, bahwa pemimpin harus diperoleh atau dihasilkan berdasarkan konstitusi. Ketidaksempurnaan dan kecacatan hukum dalam proses pemilihan akan berimplikasi pada ketidakabsahan pemimpin yang dihasilkan.  


Lebih lanjut Ia mengatakan, pada kesempatan ini, saya ingin mengingatkan kembali bahwa masa depan bangsa dan UNS sepenuhnya berada ditangan kita. Berbagai torehan prestasi UNS yang telah kita persembahan selama ini, antara lain: Pengakuan pemeringkatan luar negeri yakni: QS Star bintang 4; QS World University Ranking, peringkat 1001-1200 dunia dan ranking 10 di Indonesia;  QS Asia ranking, peringkat 301-350 dunia, dan ranking 11 di Indonesia; QS WUR Sustainabality, peringkat 701-710 dunia; ranking 10 Indonesia; QS WUR by Subject,untuk 2 subject (Accounting and finace dan Economics and Econometrics); THE WUR Ranking, peringkat 1201-1500 dunia, ranking 2 di Indonesia; The Asia ranking  Economic, peringkat 401-450 dunia, ranking 3 di Indonesia; THE Young University, di posisi  401-500 dunia, ranking 1 di Indonesia; THE WUR by Subject, untuk 8 subject yakni: Business & Economics; Clinical & Health; Computer Science; Education; Engineering; Life Sciences; Physical Sciences dan Social Sciences; Webomatrics, peringkat 1037 dunia; ranking 7 Indonesia; UI Greenmatrics, peringkat 43 dunia; ranking 6 Indonesia, serta pemeringkatan Applied-HE, posisi 32 ASEAN; 10 Indonesia.

Jika di tingkat dunia, peringkat UNS berangsur-angsur menempati posisi yang terhormat, maka di dalam negeri juga tidak kalah sukses, diantaranya: Peghargaan IKU Diktiristek, UNS menduduki peringkat 2 (Top 10%) dari 16 PTN BH dan Penghargaan 2 IKU, yakni IKU 6 dan IKU 7; Meraih 3 Penghargaan Anugerah Diktiristek, masing-masing: 2 Penghargaan kategori Siaran Pers dan Majalah; 1 Penghargaan Laporan Kerjasama dan 2 Academic Leader bidang Teknologi dan Seni Budaya. Komisi Informasi Pusat juga memberikan pengharaan bagi UNS sebagai Badan Publik Informatif th 2023. Disamping UNS juga berhasil meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Terbaik 1 Inovasi Pembelajaran bagi Mahasiswa Disabilitas. 

Saya sangat berharap berbagai prestasi dan reputasi UNS tersebut harus tetap kita jaga keberlangsunganya. "Jangan sampai eforia pemilihan pemimpin justru merusak citra dan reputasi kita yang sudah dengan susah payah  kita peroleh selama ini,"

Sejatinya perubahan terjadi hampir disemua aspek kehidupan. Itu yang menjadi alasan manusia untuk senantiasa siap beradaptasi menghadapi perubahan. 

Suksesi pemimpin adalah sesuatu peristiwa yang biasa terjadi di sebuah institusi manapun. Oleh karena itu saya ingin mengajak seluruh pimpinan dan civitas akademika UNS untuk terus memperkuat sinergitas, menjaga kondusifitas, bersatu padu menjaga keutuhan, menciptakan harmoni kebersamaan dalam menghadapi perhelatan pemilihan pemimpin yang sebentar lagi akan dimulai. Dari siniliah marwah dan kredibilitas civitas akademika kita diuji. 

Mengakhiri sambutan ini, saya atas nama pribadi dan pimpinan UNS mengucapkan selamat tahun baru 2024. 

Semoga di tahun 2024, UNS akan mampu mempersembahkan kembali berbagai prestasi dan penghargaan yang memang pantas kita dapatkan, sekaligus membanggakan civitas akademika dan alumninya. 

Kita telah memiliki tahun yang luar biasa sebelumnya, dan kita percaya akan memiliki tahun yang menakjubkan di tahun 2024.

Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap langkah kebaikan kita bersama.

Menutup pidato saya, ijinkanlah saya menyampaikan pantun.

Malam panjang dimalam minggu,

Pergi ke Yogja naik kereta ekspres.

Kita sambut datangnya tahun baru,

Dengan semangat baru untuk mengakselerasi prestasi dan reputasi UNS. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.