News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Counting Class Dekatkan Alam dan Lingkungan

Counting Class Dekatkan Alam dan Lingkungan


SOLO - Seluruh siswa SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta mengikuti kegiatan observasi lapangan atau lebih dikenal dengan istilah outing class. Program sekolah ini diadakan tiap semester dengan lokasi yang berbeda-beda. Tujuannya untuk mengajarkan siswa lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. 

"Kegiatannya berjenjang dengan level outing yang berbeda-beda", ujar Yayah.

Bagi kelas VII berkunjung ke New Rivermoon Adventure Resto  dan Fun Foto yang berlokasi di Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten. Menurut Yayah kelas VII masih terlalu dini sehingga cukup pengenalan alam melalui kegiatan outbound, penguatan motivasi dari kepala sekolah, serta disewakan tubing sejauh 2 km.

Kelas VIII melakukan kunjungan ke Rumah Atsiri Indonesia yang bertempat di Watusambung, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tempat tersebut sangat cocok sebagai wisata edukasi siswa untuk mengenal lebih jauh pengolahan minyak atsiri salah satunya siswa mengikuti kegiatan workshop pembuatan sabun.

"Jadi menyenangkan dari sisi edukasi bagus sekali", lanjut Yayah.

Sedangkan kegiatan untuk kelas IX terjun ke masyarakat secara langsung, yaitu belajar proses pembuatan handuk dan kain ihram di Janti, serta budidaya ikan nila yang dikelola PRM setempat baik dari teknik penjualan maupun pengolahan makanan dari ikan nila. Di tempat tersebut siswa juga berlatih memanah dan mengajar Al Qur'an di TPQ Masjid Al Kautsar.





Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.