News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bahas Pandangan Global untuk Pemulihan Ekonomi, UNS Fintech Center Gelar Webinar Internasional

Bahas Pandangan Global untuk Pemulihan Ekonomi, UNS Fintech Center Gelar Webinar Internasional

 


Bahas Pandangan Global untuk Pemulihan Ekonomi, UNS Fintech Center Gelar Webinar Internasional

caption foto : istimewa

Penulis : ditulis kembali oleh eko prasetyo (alexa IT com)

UNS– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui UNS Fintech Center menggelar webinar internasional pada Kamis (14/4/2022). Webinar yang diselenggarakan secara daring dari tiga negara ini mengangkat tema “Financial Institutions and Economic Recovery: Global Perspective”.


Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Dr. rer.nat. Sajidan hadir dalam webinar yang digelar melalui Zoom Cloud Meetings ini. Prof. Sajidan mengatakan bahwa webinar ini merupakan salah satu agenda dari Dies Natalis ke-46 UNS. Selain itu, acara ini juga agenda sampingan dari aktivitas G20 Indonesia.

Prof. Sajidan menyampaikan bahwa pandemi melumpuhkan ekonomi Indonesia dan berbagai negara di dunia selama hampir tiga tahun. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memulihkan kembali ekonomi yang sempat lesu. Untuk itu, webinar ini diadakan supaya mengetahui perspektif global mengenai cara memulihkan ekonomi.

“Saya berharap webinar ini memberikan pemahaman yang komprehensif bagi institusi finansial mengenai cara memulihkan ekonomi di era pandemi saat ini,” ujar Prof. Sajidan.

Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Didik Madiyono juga hadir dalam webinar ini. Didik memberikan pandangan pembuka mengenai regulasi simpan pinjam di Indonesia selama pandemi.

Didik mengatakan bahwa pandemi Covid-19 yang menerpa Indonesia lebih dari dua tahun ini memang menurunkan minat masyarakat dalam ekonomi. Namun, kini perlahan ekonomi Indonesia mulai pulih.

Pemulihan ekonomi tersebut dipicu oleh berbagai kebijakan pemerintah seperti penggencaran program vaksinasi. Selain itu, berbagai kebijakan serta relaksasi hukum juga mempengaruhi tumbuhnya ekonomi di Indonesia di masa pandemi.


“Lebih dari dua tahun Indonesia dan negara lain memerangi Covid-19. Meski demikian, ekonomi Indonesia mulai pulih dengan adanya vaksinasi yang ekstensif dan berbagai kebijakan sosial,” tutur Didik.

Perpektif global dalam pemulihan ekonomi di era pandemi dibahas secara detail oleh lima narasumber dari berbagai universitas dunia. Webinar ini menghadirkan dua narasumber dari Inggris yakni Prof. John Williams (Bangor University) dan Prof. John O.S. Wilson (University of St. Andrews). Selain itu, narasumber juga dihadirkan dari Qatar yakni Prof. Ahmet Faruk Aysan (Hamad bin Khalifa University) dan Ruth tacneng, Ph.D. dari Universite de Limoges, Prancis.  Dosen UNS diwakili Aldy Fariz Achsanta, Ph.D juga tidak ketinggalan menyampaikan perspektifnya mengenai tema ini. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.