News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sepuluh Hari terakhir Ramadhan 1443H, Rektor UMS Ajak Jamaah Kajian Al-Maun Selalu Bersyukur

Sepuluh Hari terakhir Ramadhan 1443H, Rektor UMS Ajak Jamaah Kajian Al-Maun Selalu Bersyukur



Caption foto : istimewa

Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexa IT Com)

 Surakarta - Lembaga Pengembangan Pondok, Al-Islam, dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Surakarta (LPPIK-UMS) menggelar Kajian Al-Maun yang diselenggarakan ba'da Shalat Dhuhur pada Senin, 25 April 2022 yang bertempat di Masjid Hj Sudalmiyah Rais. 

Pada kajin ini dihadiri seluruh karyawan outsourcing yang ada dilingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang diisi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif M.Si, berharap agar semua karyawan outsourching UMS untuk selalu bersyukur, tanpa harus mengeluh dengan pendapatan. Selalu berserah diri kepada Allah agar selalu dalam lindungan-Nya.


"Rasa syukur diimbangi dengan selalu meningkatkan ibadah agar dipermudah rezekinya oleh Allah. Jadikan UMS sebagai ladang amal ibadah, agar tidak hanya sebagai bekerja namun juga ibadah, apalagi ini bulan Ramadhan," papar Sofyan Anif.

Ditengah-tengah kajian, Prof Sofyan anif mencoba memberikan warna baru pada saat kajian. Lewat tebak-tebakan, prof Anif ingin para warga ums agar menambahkan rasa memiliki persyarikatan Muhammadiyah. Prof Anif memberikan tebak-tebakan mengenai pengetahuan Warga UMS tentang Muhammadiyah, seperti mengingatkan nama-nama pimpinan Muhammadiyah, hingga mengenai perhelatan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang akan digelar di Kota Surakarta.

Salah satu pemikiran KH. Ahmad Dahlan yang melandasi etos sosialnya ialah Al-Qur’an surat Al-Maun. Surat Al-Ma’un hasil pemikiran Kiai Dahlan ini menjadi ide penggerak organisasi Muhammadiyah selama bertahun-tahun. 

Pengajian Al-Ma’un sendiri diprakarsai oleh Drs. Najamuddin Zuhdi, MA saat menyaksikan banyak dosen dan karyawan UMS yang pulang membawa bingkisan lebaran, sementara tenaga outsourcing hanya bisa melihat. Karena itu, Najamuddin Zuhdi mempunyai ide untuk memberikan hal serupa dengan berkonsultasi ke Rektor UMS kala itu Prof. Bambang Setiaji. Bahkan, pemberian bingkisan itu bukan hanya pada tiap Ramadhan, namun setiap bulan.


Dan pada saat itulah LPPIK membentuk Pengajian Al-Ma’un sebagai sarana pembinaan (pengajian) sekaligus untuk menyalurakan bingkisan sembako untuk anggota Pengajian Al-Ma’un.

Dalam kajian ini, Sofyan Anif juga mengajak untuk semua karyawan outsorsing agar bisa ikut menggembirakan muktamar ke 48 yang diselenggarakan pada tanggal 18-20 November 2022 bertempat di Surakarta. Muktamar ke-48 akan berpusat di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. Salain itu Rektor UMS sebagai bentuk syiar Muktamar akan membagikan seragam batik Muktamar 48 kepada seluruh jamaah Al Maun.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.